Selasa, 12 Februari 2013

5 Alat Musik Tertua Di Dunia

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik.

Walaupun demikian, istilah ini umumnya diperuntukkan bagi alat yang khusus ditujukan untuk musik. Bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi. Di bawah ini adalah beberapa alat musik tertua yang pernah ditemukan di dunia.

1. Percussion Instruments, 165.000 Tahun yang Lalu

Alat musik pada waktu itu, "disuarakan" dengan berbagai cara. Ada yang dibenturkan dengan sebuah benda, digoyang goyang, digosok gosok, atau dengan cara lain yang menghasilkan efek getaran suara. Walaupun suara manusia adalah sebuah instrumen musik yang pertama kali ditemukan, benda benda lain khususnya batu, juga dipergunakan sebagai penghasil nada. Adapun caranya adalah dengan dipahat sedemikian rupa agar mempunyai irama dan nada tertentu yang diinginkan.

2. Flute by Bob Flink, 67.000 Tahun yang Lalu:

Pada bulan Juli 1995, arkeolog dari Slovenia, Ivan Turk, menemukan sebuah tulang yang telah dipahat di daerah barat laut Slovenia. Benda tersebut diberi nama seruling "Divje Babe" yang memiliki 4 lubang. Seorang musisi Kanada, Bob Fink, yakin bahwa lubang tersebut digunakan untuk memainkan 4 nada dalam tangga nada diatonik.

Beberapa peneliti memperkirakan usia seruling tersebut sekitar 67.000 tahun, menjadikannya sebagai alat musik tertua yang pernah diketahui dan satu satunya alat musik yang ada pada budaya Neanderthal.

3. Mammoth Ivory Ice-Age Flute, 43.400 Tahun yang Lalu:


Alat musik tertua kedua di dunia telah ditemukan oleh para arkeolog Jerman. Seruling itu berukuran 18,7 sentimeter, diukir dari gading seekor mamut, memiliki 3 lubang jari, dan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan berbagai macam melodi. Seruling tersebut ditemukan sebanyak 31 buah di gua Geißenklösterle, di dalam gunung dekat Ulm di daerah selatan Jerman.

Sebuah lekukan gading mamut dibelah, lalu dibuat semacam lubang pada bagian tersebut, dan diikat serta ditempelkan bersama dalam "lapisan" kedap udara (selain lubang untuk jari) yang sempurna.

4. Elephant Skin Drum, 37.000 Tahun yang Lalu:

Genderang tertua yang pernah diketemukan, berusia sekitar 30.000 tahun saat manusia masih menggunakan kulit binatang yang diperluas (ditarik) untuk menciptakan suara. Pertama kali ditemukan, genderang itu menggunakan kulit gajah yang diawetkan.

5. Pan Pipes, 30.000 Tahun yang Lalu:



Benda di atas adalah salah satu alat musik tertua yang diperkirakan telah berusia sekitar 30.000 tahun. Benda ini khusus dibuat dari bambu atau rotan. Nama "Pan Flute" berasal dari perkumpulan "rustic Greek god Pan." Istilah lainnnya adalah syrinx.


0 komentar:

Poskan Komentar